Wednesday, January 14, 2015

KINTAMANI , Asli Bali, Indonesia

Kintamani, sesuai dengan namanya, anjing jenis ini berasal dari Bali, Indonesia. Nama yg diambil adalah nama salah satu kota di bali. Anjing ini hanya berkembang biak resmi di BALI dan telah diterima oleh Federation International Cynologique. Anjing  trah sedang (medium-size) ini dipercaya keturunan Chow Chow Cina sekitar 600th yg lalu. Anjing ini memiliki genetik yg unik. Resiko utama yg mungkin dapat mengancam jenis ini adalah kawin silang antara berbagai anjing bali berbeda yg dapat melemahkan gen unik dari anjing tersebut. 



Ciri anjing ini adalah bulu yg lebat dan panjang, telinga tegak dan ekor dengan bulu tebal yg ke melengkung ke atas. Bulu di pundaknya akan terlihat seperti mantel karna ketebalannya. Warna dari jenis kintamani adalah putih dan hitam. Untuk warna putih akan tampak sedikit kecoklatan di bagian punggung dan juga di tepi ujung telinga.  Untuk anjing khusus (spesial) dari anjing kintamani adalah warna hitam putih (belang). Ukuran anjing ini rata-rata 40-55cm untuk tingginya.

Kintamani adalah anjing peliharaan yg ramah namun juga memiliki naluri sebagai anjing penjaga yg waspada. Anjing ini sangat aktif dan sangat cerdas saat dilatih. Ia memiliki tingkat kewaspadaan dan rasa ingin tau yg tinggi. Ia menjadi anjing yg agresif dalam teritorialnya. Jika memiliki hubungan baik dengan pemiliknya,maka mereka akan menjadi anjing yg sangat patuh dan setia. Jika anjing trah besar segan untuk memanjat dan juga ketinggian, Kintamani akan tetap naik ke atap dan menghabiskan harinya dengan duduk atau tidur diatas dinding taman mungkin. Mereka akan menggonggong keras ketika berhadapan dengan suara atau orang yg asing.

chibi
Anjing kintamani saya yg saya namai Chibi, menjadi alarm untuk saya dan keluarga, pasalnya, setiap ada orang asing lewat atau datang ke rumah, ia langsung menggonggong keras. Kintamani saya tidak mendominasi pada gonggongan namun lebih ke auman seperti husky. Kesalahan saya karna saya terlalu memanjakan dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengajak jalan- jalan ke luar dan bersosialisasi. Hal ini berdampak buruk untuk kintamani saya karna menjadi agresif jika didekati orang asing.


Sekian dari saya tentang kintamani, anjing asli Bali, Indonesia. Semoga tetap menjadi kebanggaan bagi kita orang indonesia. Sampai jumpa lagiii..

nb: sumber gambar dari google kecuali untuk chibi :)

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentar kamu.. semangat pet lovers :)