Tuesday, January 13, 2015

Rotweiller, MASTIFF- TYPE DOG. Your Perfect Guardian..

Anjing jenis rottweiler atau yg akrab kita panggil "Rotty" ini adalah jenis anjing trah besar. Termasuk dalam kategori raksasa. Ia kuat dan dapat menjadi teman gagah untuk anda. Dengan ciri khas warna bulu hitam mengkilap yg mendominasi dan sedikit warna coklat disekitar moncong, leher, kaki, dan dua coklat sejajar di dada, Rottweiler menjadi tampak sedikit menyeramkan.

Dengan tubuh tegap dan seimbang, anjing yg termasuk dalam golongan anjing pekerja ini cocok dan sangat pas ditempatkan dimana saja. Namun silahkan diingat untuk anjing Rottweiler perlu diperhatikan, jika kalian memberi pelatihan sebagai anjing penjaga, maka tempatkan ia sebagai anjing penjaga seperti penjaga pabrik atau toko dan sebagainya. Karena ilmu yg ia serap akan begitu konsisten ia lakukan, sehingga jika dididik sebagai anjing penjaga jangan asal membawanya ke rumah atau dekat dengan anak- anak.

Namun jika kalian sejak dini memperlakukannya seperti keluarga, ia akan menjadi anjing sahabat yg sangat patuh dan menggemaskan. Seperti rottweiler yg saya miliki, jika tampak luar mungkin orang enggan mendekat, namun setelah menyentuh atau tercium oleh "hassya" maka tidak ada satu orang pun yg takut. Rotty saya lebih jinak dari pada Siberian Husky ataupun Golden Retriever. Anjing ini pada dasarnya memang suka dengan anak- anak.



Anjing ini memiliki tinggi ideal 60cm - 68cm untuk sampai pundaknya. Untuk berat idealnya 42 - 65 kg atau untuk betina sampai 50kg. Biasa digunakan sebagai anjing polisi, anjing ini sudah begitu terkenal tentang kepandaian, kepatuhan serta ketahanannya. Dengan insting alami  sebagai anjing penjaga, ia bisa menjadi anjing yg setia dan melindungi keluarga anda dari berbagai ancaman dari penjahat. Umumnya rottweiler yg berasal dari pembiakan yg baik akan memiliki kepribadian yg tenang dan percaya diri. Ia tidak mudah percaya pada orang asing dan bukan anjing yg penakut. Rottweiler berada dalam garis yg seimbang antara melindungi dan agresif. Jika mereka tidak dididik dengan baik, mereka dapat menjadi sangat protektif. Mungkin terdengar seperti keinginan anda, namun sifat seperti itu dapat saja menjadi ancaman yg berbahaya tidak hanya pada orang jahat. Dengan tempat tinggal yg baik, perlakuan yg baik dan sosialisasi yg baik untuk anjing ini, akan menciptakan Rottweiler yg riang, senang bermain, bersahabat dan cinta keluarga. Mereka akan mudah dilatih apabila anda bisa menghormati dan menjalin kontak yg baik pada mereka tanpa membuat mereka merasa menjadi "bos. Anjing yg merasa dirinya adalah "majikan" adalah BENCANA.


Rottweiler sangat mudah dilatih jika anda bisa konsisten dengan sikap anda. Rottweiler akan menguji apakah ucapan anda benar serius maka anda harus spesifik dan konsisten dalam memberikan perintah. Anjing ini membutuhkan sekitar 10-20 menit per hari untuk berjalan atau bermain. Kebanyakan rotweiler mengeluarkan suara berlebihan seperti suara nafas atau mengorok. Jika tidak dimonitor dengan benar, rottweiler dapat menjadi rakus dan mengalami obesitas. Untuk porsi makan normal dengan kualitas terbaik, rottweiler biasanya 4-10 cangkir sehari dibagi menjadi 2 kali makan. Tapi catatan, porsi tergantung berat badan , metabolisme dan aktifitas dari anjing tersebut.



Perawatan anjing ini mudah, karena memiliki tipe bulu pendek dan lurus. Untuk pundaknya, ia memiliki bulu yg lebih tebal dan panjang dibanding kepala, telinga dan kaki.anda hanya perlu menyisir secara mingguan  untuk membuang bulu mati dan meratakan minyak dikulitnya. Memandikannya hanya saat dibutuhkan saja dalam arti saat keadaannya benar benar kotor. Untuk sikat gigi dapat dilakukan sehari sekali. Semakin sering anda menyikat giginya, rotty anda akan lebih terjamin untuk terhindar dari bau mulut ataupun kerak gigi.

Sekian info dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan mendatang :)




No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentar kamu.. semangat pet lovers :)